Cara Ampuh Mengatasi Air Kolam Renang Yang Berwarna Hijau

Air merupakan salah satu komponen yang terpenting dalam kolam renang. Tanpa adanya air, kolam renang tentu tidak akan bisa digunakan untuk menunjang aktivitas berenang. Untuk itu, kita harus menjaga kondisi air agar selalu berada dalam kondisi yang maksimal. Inilah mengapa perawatan air dan kolam perlu rutin dilakukan. Tujuannya adalah supaya air tetap bersih dan jernih. Namun, meskipun sudah dilakukan perawatan, potensi bagi air untuk tercemar dan berubah warna menjadi hijau tetaplah ada. Lalu, bagaimana bila hal tersebut terjadi? Jangan khawatir, disini kami uraikan beberapa cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau.

CARA MENGATASI AIR KOLAM YANG BERWARNA HIJAU

Cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau yang pertama adalah dengan membersihkan kolam secara rutin. Pembersihan atau perawatan kolam renang akan sangat berpengaruh terhadap kondisi kolam renang. Kolam yang rutin dibersihkan airnya akan selalu jernih dan bersih. Jika perawatan kolam tidak dilakukan dengan rutin, maka air kolam akan sangat kotor dan menjadi sarang berbagai macam kuman. Sehingga, kolam tersebut tidak akan ideal untuk berenang.

Kedua, dengan menanam pohon di sekitar kolam. Analogi dari cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau ini adalah sinar matahari yang menyinari kolam akan mempengaruhi tingkat pertumbuhan alga. Semakin banyak sinar matahari, maka alga akan semakin tumbuh lebat. Oleh karena itu, mengurangi sinar matahari yang masuk dengan menanam pohon disekitar kolam dapat menghambat pertumbuhan alga. Akan tetapi, harus anda ingat bahwa dedaunan yang gugur ke dalam kolam juga dapat memicu pertumbuhan alga.

Ketiga mengganti sepertiga air kolam secara berkala. Cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau ini tidak banyak diketahui. Penggantian air berfungsi untuk mengurangi ekosistem dan pertumbuhan alga. Air yang diganti secara berkala juga menjaga kualitas air tersebut. Untuk itu, jika terlalu berat untuk mengganti seluruh air kolam, maka mengganti sepertiganya saja sudah cukup. Lakukan penggantian sepertiga air ini secara berkala seminggu sekali.

Cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau yang keempat adalah dengan menggunakan filter khusus kolam renang. Filter khusus untuk kolam renang dapat menyaring air dengan baik. Kotoran yang terdapat pada air kolam akan tersaring dengan baik, sehingga air yang dikeluarkan dalam kondisi bersih.

 

Kelima, merancang sistem filter dengan skema yang benar. Agar filter dapat menyaring air dengan baik harus dengan skema yang benar. Idealnya sistem filter kolam dapat menampung 30% – 40% volume air kolam utama. Dengan perancangan yang benar air kolam akan terjaga kebersihannya.

CARA MENGATASI AIR KOLAM RENANG YANG BERWARNA HIJAU DENGAN PEMBERIAN CHEMICAL

Cara yang keenam yaitu dengan pemberian chemical untuk air kolam. Pemberian chemical ini juga perlu diperhatikan takarannya. Jika terlalu sedikit atau terlalu banyak justru membuat kondisi kolam bertambah buruk. Berikut adalah cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau dengan pemberian chemical.

Pertama, masukkan kaporit 60% kedalam saluran skimmer. Kaporit yang dimasukkan harus sesuai takaran dan kondisi kolam. Saat pemberian kaporit, usahakan saluran skimmer dan maindrain dalam keadaan terbuka.

Dan sebelum melakukan proses ini, pastikan bahwa mesin tetap posisi di nyalakan dan posisi handle multi valve di posisi resirkulasi.
Setelah kaporit sudah tercampur, kemudian masukkan trussi yang telah dicairkan. Setelah itu, masukkan PAC, soda ash, dan tawas ke dalam kolam renang. Jarak waktu yang dibutuhkan dalam pemberian chemical tersebut masing masing sekitar 10 menitan.

Jika obat sudah tercampur, nyalakan mesin selama kurang lebih 2 jam. Kemudian dimatikan dan lihat reaksi nya. Apabila sudah dalam keadaan mau mengendap matikan mesin untuk selanjutnya tinggal proses vacuum jika kotoran sudah terlihat mengendap sumua.

Jika air sudah jernih tambahkan granular 90% sesuai dengan takaran, dan nyalakan mesin selama 8 jam. Tujuannya supaya chlorine dapat mengikat air dan meatikan seluruh kuman-kuman. Dan juga, jangan lupa untuk mengecek kadar pH dan chlorine dalam air. Jika pH 7,2 – 7,6 ppm berarti air sudah ideal, sehingga air kolam renang sudah bersih dan jernih siap untuk digunakan.

Demikian uraian kami mengenai cara mengatasi air kolam renang yang berwarna hijau. Semoga bermanfaat, dan dapat membentu dalam merawat kolam renang di kediaman anda. Dan apabila anda memiliki pertanyaan atau pendapat lain mengenai topic ini, kotak komentar dibawah selalu siap menerima segala aspirasi anda. Terimakasih.

Related Posts

Write a comment